Thursday, December 22, 2016

Cara Menciptakan Oncom Merah Dari Ampas Tahu

 rendam ampas tahu dalam air bersih selama  Cara Membuat Oncom Merah dari Ampas Tahu
Oncom Merah

Bahan-Bahan

  • 25 kg ampas tahu
  • 500 gr tepung tapioka
  • 100 gram biang oncom
  • air bersih secukupnya

Cara Membuat Oncom dari Ampas Tahu

  1. Langkah pertama, rendam ampas tahu dalam air bersih selama 3-5 jam sampai ampas mengembang / agak melar.
  2. Angkat ampas tahu, masukkan kedalam karung bekas kemasan beras atau kemasan tepung terigu lalu peras airnya sampai kadar minimum. Proses pemerasan dapat memakai alat khusus bila ada, tetapi bila tidak ada, dapat diperas secara manual. Proses manual biasanya dengan cara menginjak-injak karung berisi ampas memakai kaki yang disarungi kantong plastik sampai airnya tidak keluar lagi dari ampas.
  3. Sesudah diperas, ampas tahu lalu diayak. Pisahkan bab ampas kasarnya, ambil ampas halusnya saja.
  4. Tambahkan tepung tapioka kedalam ampas tahu, aduk sampai merata. Tepung tapioka berfungsi sebagai 'perekat' ampas tahu semoga gampang dibentuk, juga sebagai media tumbuh kapang oncom.
  5. Kukus ampas tahu sampai matang dan berbau harum. Lamanya waktu pengukusan bersifat relatif tergantung kondisi, biasanya memerlukan waktu antara 2-4 jam.
  6. Angkat ampas tahu. Keluarkan dari kukusan, lalu cetaklah diatas tatakan bambu atau tampah. Cetak dengan ketebalan kurang lebih 3-4 cm. Biarkan sampai dingin. Dan perlu diperhatikan, proses ini sampai donasi ragi / biang harus dilakukan dengan bersih semoga pertumbuhan kapang tidak terganggu.
  7. Sesudah dingin, taburkan biang oncom pada ampas yang sudah dicetak.
  8. Tutup ampas tahu / oncom mentah memakai daun pisang. Biarkan selama 3 hari sampai terbentuk kapang diseluruh permukannya, tandanya oncom sudah jadi.

Terima Kasih kalian sudah Cara Menciptakan Oncom Merah Dari Ampas Tahu
Jangan lupa mampir ke tempat download game PPSSPP mudah dan ceepat di pankajdc.blogspot.com dan blog Chord dan Lirik Lagu Mudah di musicblits.blogspot.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon